KONSTRUKSI

KONSTRUKSI

Suatu rangkaian kegiatan yang berkaitan dg upaya pembangunan sesuatu bangunan, mencakup pekerjaan pokok dalam bidang teknik sipil dan arsitektur, meskipun tidak jarang juga melibatkan disiplin lain seperti teknik industri, mesin, elektro, geoteknik, maupun lansekap.
Jenis Proyek Konstruksi yaitu sebagai berikut :
a. Proyek Bangunan Perumahan / Bangunan Pemukiman (Residential Construction)
yaitu suatu proyek pembangunan perumahan / pemukiman berdasarkan pada tahapan pembangunan yang serempak dg penyediaan prasarana penunjang. Jenis proyek bangunan perumahan / pemukiman ini sangat membutuhkan perencanaan yang baik dan matang untuk infrastruktur yang ada dalam lingkungan pemukiman tersebut seperti jalan, air bersih, listrik dan lain sebagainya.
b. Konstruksi Bangunan Gedung (Building Construction)
yaitu tipe proyek konstruksi yang paling banyak dikerjakan. Tipe konstruksi bangunan ini menitik beratkan pada pertimbangan konstruksi, teknologi praktis, dan
pertimbangan pada peraturan.
c. Proyek Konstruksi Teknik Sipil (Heavy Engineering Construction)
yaitu proses penambahan infrastruktur pada suatu lingkungan terbangun (built environment). Pemilik proyek (owner) biasanya pemerintah baik pada tingkat nasional / daerah. Pada proyek ini elemen desain, finansial dan pertimbangan hukum tetap menjadi pertimbangan penting, walaupun proyek ini lebih bersifat non-profit dan mengutamakan pelayanan masyarakat (public services). Contoh proyek konstruksi yang termasuk pada jenis proyek teknik sipil ini antara lain proyek pembangkit listrik, proyek jalan raya, proyek rel kereta api, proyek pembuatan bendungan, dan lain sebagainya.
Demikianlah tentang Pengertian Proyek Konstruksi dan Jenis Proyek Konstruksi, semoga bermanfaat dan terima kasih.